Untuk
melahirkan penulis dari perpustakaan, Perpustakaan umum kabupaten/kota
setiap hari dapat mengundang para pelajar dari berbagai sekolah untuk
berkunjung ke perpustakaan. Pelajar yang berkunjung ke perpustakaan harus disambut dengan “paket ramah pengunjung”. Pertama, bimbingan pemakai. Bimbingan ini adalah
sumber aktivitas yang dirancang untuk mendidik pengunjung agar sadar
akan sumber-sumber informasi, fasilitas yang tersedia di perpustakaan
dan melatih pengguna dalam memanfaatkan sumber-sumber tersebut secara
tepat. Dengan bimbingan pemakai diharapkan setiap orang bisa dan mampu memanfaatkan perpustakaan dengan baik.
Perpustakaan
adalah organisasi yang selalu tumbuh dan berkembang. Sehingga segala
perkembangan yang terjadi dalam perpustakaan yang ada kaitannya dengan pemanfaatan
sumber – sumber informasi dan pelayanan harus disebarluaskan kepada
pemakai cara yang dapat ditempuh adalah dengan melaksanakan pendidikan
pemakai.
Setiap
buku ada sasaran pembacanya yang tepat. Pengadaan buku di perpustakaan
harus berorientasi kepada pengunjung perpustakaan. Sehingga
semua koleksi buku yang dimiliki perpustakaan dapat dimanfaatkan oleh
pembaca yang tepat. Setiap pembaca tersedia bacaan yang tepat. Koleksi
buku di perpusatakaan disediakan dengan memperhatikan aspek pengguna,
yaitu siapa yang memanfaatkan koleksi buku tersebut. Sehingga diharapkan
pengguna perpustakaan dapat memperoleh pilihan bacaan yang tepat dan
semua buku yag ada di perpustakaan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh
pengguna.
Kedua,
game perpustakaan. Game perpustakaan adalah permainan yang dirancang
guna mengenalkan manfaat perpustakaan kepada pengunjung. Berburu
informasi tentang aneka ilmu pengetahuan bisa dibuat menjadi game yang
menarik dan meriah. Penelusuran judul buku di perpustakaan merupakan
bahan permainan yang mengasyikkan untuk mengenalkan manfaat buku kepada
anak-anak.
Ketiga, menulis sinopsis atau resensi. Para pelajar yang berkunjung wajib menuliskan kesan dan pesannya tentang buku yang dibacanya. Baik dalam bentuk sinopsis maupun resensi. Menulis sinopsis adalah cara
belajar menulis yang paling mudah untuk anak-anak SD dan SMP. Pelajar
SMA bisa menulis resensi buku untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan
sebuah buku.
Keempat, menonton film edukatif. Perpustakaan tak hanya melayankan buku namun juga melayankan informasi, pengetahuan, seni, dan sastra dalam
bentuk film edukatif. Setelah menonton film, anak-anak diarahkan untuk
menuliskan jalan cerita film tersebut sekaligus nilai-nilai edukatif
yang bisa dipetik.
Dengan
kegiatan ini perpustakaan mampu menyatukan budaya membaca, menonton,
dan menulis. Saling melengkapi guna mencerdaskan anak bangsa!
Title : Melahirkan Penulis Dari Perpustakaan
Description : Untuk melahirkan penulis dari perpustakaan, Perpustakaan umum kabupaten/kota setiap hari dapat mengundang para pelajar dari berbagai se...